Minggu, 03 Februari 2013

Jenis Teknologi Komunikasi

Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi

Komunikasi adalah aktifitas yang wajib kita lakukan dalam kehidupan manusia. Ada juga yang berpendapat bahwa komunikasi adalah segala bentuk alat yang berguna untuk memindahkan sebuah informasi dari satu tempat ke tempat lain. Pekembangan komunikasi tergantung dari kebutuhan orang itu sendiri. Dibalik perkembangan komunikasi, teknologi komunikasinya pun juga mengalami perkembangan dengan pesat. Dan inilah daftar Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi.
A.      Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi Modern (Elektronik)
Pengertian dari  Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi Modern (Elektronik) ini adalah sebuah teknologi komunikasi yang membutuhkan listrik untuk menggunakannya. Dan inilah Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi Modern (Elektronik) dalam kehidupan sehari-hari:
1.       Telepon, Telepon adalah sebuah alat komunikasi yang berguna untuk menerima informasi dalam bentuk suara. Pengirim Informasinya melalui sinyal listrik, dengan menggunakan jaringan kabel. Telepon merupakan teknologi komunikasi jarak jauh. Asal-usul dari kata telepon sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu tele=jauh dan phone=suara. Telepon pertama ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Sampai era ini, teknologi yang satu ini mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Dibalik itu semua, ada beberapa kekurangan dan kelebihan dari telepon :
         i.            Kelebihan :
a.       pada jaringan telepon ini selalu tersambung, sehingga pengguna dapat menggunakannya setiap saat.
b.      Tidak memerlukan biaya yang terlalu banyak di bandingkan pergi ke WARTEL.
       ii.            Kekurangan :
a.       Tidak dapat di bawa ke mana-mana karena membutuhkan saluran kabel.
b.      Penggunanya tergantung dari jaringan yang di sediakan.
2.       Radio, adalah sebuah peralatan komunikasi yang menggunakan media gelombang elektromagnetik untuk mendapatkan informasi yang berupa suara. Dalam sebuah radio, terdapat tiga komponen yang mendukung yaitu system pemancar, sumber suara, dan antena pemancar. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan radio:
         i.            Kelebihan Radio:
a.       Sumber Informasi yang sangat murah,
b.      Dapat menjangkau semua jaringan masyarakat,
       ii.            Kekurangan Radio:
a.       Untuk menerima sinyal (gelombang) harus mencari tempat tertentu
b.      Komunikasi Bersifat satu Arah
c.       Frekuensi radio hanya bersifat lokal saja.
3.       Televisi, adalah sebuah system elektronik yang dapat menerima pesan ataupun sinyal berupa gambar dan suara melalui gelombang. Televisi ditemukan oleh Gottileb Paul Nipkow pada tahun 1860-1940. Macam-macam televisi dibedakan menjadi televisi digital dan analog.
4.       Handphone (HP)/Mobile Phone
HP adalah sebuah alat elektronik yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi (bertukar informasi) bisa berupa suara, teks, sampai gambar. HP mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak kelebihan dan kekurangan dari handphone(HP):
         i.            Kelebihan HP(Handphone)
a.       Membutuhkan biaya yang murah, dahulu biaya yang dikeluarkan oleh HP ini sangat banyak. Tetapi, seiring kemajuan persaingan penyedia Provider HP menyebabkan murahnya biaya yang digunakan untuk bertukar informasi.
b.      Memiliki banyak fasilitas lain seperti,Jaringan Internet;MP3;Video Viewer;SMS;MMS;Aplikasi; dan masih banyak lainnya,
c.       Dapat digunakan dan dibawa kemana-mana sehingga lebih praktis dibandingkan telephone.
       ii.            Kekurangan Handphone (HP):
a.       Jaringan tidak dapat digunakan disetiap tempat;
b.      Mahal jika digunakan untuk/di interlokal
5.       Satelit, sebuah teknologi komunikasi yang berada di luar angkasa yang bertugas menerima sinyal yang berasal dari bumi untuk dikirimkan ke tempat lain di bumi.
6.       Faksimile, fungsi dari teknologi komunikasi ini adalah mengirim  dan menerima informasi yang berupa tulisan/gambar. Bentuk dari facsimile ini sendiri menyerupai mesin fotokopi.
7.       Telegram, telegram merupakan teknologi Komunikasi jarak jauh. Telegram berasal dari bahasa Yunani yaitu tele=jauh dan grapien=menulis. Telegam ditemukan pada tahun 1837 di Amerika Serikat yaitu Samuel F. B. Morse. Fungsi dari telegram adalah mengirim sebuah pesan yang dinyatakan dalam bentuk sandi morse.
B.      Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi di Zaman Kuno
Pada awal manusia mengenal tulisan, mereka mulai memahat gambar binatang, dan manusia pada tulang; batu; taring; dan bahan-bahan lainnya.Berikut adalah beberapa Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi yang di pakai di zaman Kuno.
1.       Kentongan, kentongan terbuat dari batang bamboo yang sudah cukup keras dan besar. Kentongan ini mulai hilang sedikit demi sedikit seiring dengan berkembangnya zaman. Di zaman ini, kentongan juga dimanfaatkan sebagai alat pelengkap ketika SISKAMLING.
2.       Prasasti, pada zaman dahulu prasasti digunakan sebagi alat komunikasi dengan surat-menyurat dengan sederhana. Prasasti menggunakan media dari kulit bamboo, kayu, batu, kulit binatang dan lain sebagainya untuk medianya.
3.       Asap, biasanya alat komunikasi yang satu ini digunakan untuk memberi tahu keberadaan seseorang/kelompok yang tidak dapat dijangkau. Tetapi pada saat zaman kuno, alat ini digunakan untuk media bertukar informasi.
Beberapa komponen yang dibutuhkan dalam komunikasi adalah pengirim, penerima, media, dan bentuk komunikasi. Keempat komponen tersebut sangat dibutuhkan untuk menjalin komunikasi yang lancar. Saat ini sudah banyak media komunikasi yang maju. Dan telah saya ulas beberapa Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi dari zaman dahulu dan sekarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar